Blog yang berisi artikel komputer,Tutorial Komputer,Internet,Computer,Trik Windows,Trik Komputer,Blog,SEO,dan informasi lainnya yang berkaitan dengan komputer

Tips Cara Mengoptimalkan Kinerja Komputer

by Tutorial Komputer , at 21.34
 Tips Cara Mengoptimalkan Kinerja Komputer
Tips mengoptimalkan kinerja komputer - Ada banyak cara untuk mengoptimalkan kinerja komputer Anda menjadi lebih cepat dan akan kita bahas kali ini. Kadang saat kita menggunakan komputer akan terasa begitu lambat ketika menjalankan beberapa program. Ini diakibatkan karena semakin sering komputer kita gunakan maka biasanya akan membuat ruang penyimpanan semakin penuh. Diantaranya banyaknya program atau software yang terinstall di dalam komputer akan membuat komputer semakin lambat. Dan banyak hal lainnya yang bisa membuat komputer kita semakin lambat. Untuk itu perlu kita optimalkan kembali kinerja komputer kita. Berikut ini tips mengoptimalkan kinerja komputer : Kurangi Shortcut Di layar utama. 
Ketika menginstall software kadang suka muncul shortcut di layar desktop.Dan kadang shortcut muncul karena kita yang membuat dan membutuhkannya. Shortcut tersebut bila terlalu banyak akan memperlambat loading komputer anda. Untuk cara menghapus shortcut yang tidak penting anda bisa lakukan dengan, mengklik kanan schortcut yang anda ingin hapus lalu pilih delet.
Melakukan Disk Cleanup
File-file temporary merupakan file sementara sebenarnya tercipta untuk mempermudah pengguna komputer dalam membuka suatu program di komputer. Misalnya fil temporary browser, maka akan membuat kita akan semakin cepat membuka sebuah website yang pernah kita buka sebelumnya. Ini karena file statis dari website tersebut telah tersimpan di komputer kita yang berupa file temporary. Masih banyak model file temporay dan masih banyak lagi kegunaannya.
File temporary ini bisa tidak dihapus maka akan membuat penuh memori penyimpanan kita. Terlebih biasanya drive yang digunakan untuk menyimpan adalah drive system, biasanya drive C. Untuk menghapus temporary file ini, anda bisa menggunakan Disk Cleanup.
Menghapus program yang tidak dibutuhkan.
Terlalu banyak menginstall program bisa memperlambat kinerja komputer kita. Terlebih ada program yang tetap berjalan di belakang layar meski kita tak menggunakannya.
Program – program yang ada ini akan memenuhi RAM yang kita gunakan sehingga komputer akan terasa lambat saat kita menjalankan program tertentu. Selain ram, jika anda menginstall program – program ini di drive yang sama dengan operasi sistem, misal drive (C), maka bisa memperlampat windows anda. Hal ini terjadi karena space storage yang kita gunakan sebagai system, tidak boleh terpakai lebih dari 90%, jika lebih dari itu, maka akan berakibat pada kecepatan komputer kita. 
Kurangi Penggunaan Widget
Dengan adanya Widget dikomputer anda mungkin dapat memperindah tampilan windows anda atau bisa mempermudah kita untuk mencari atau membuka program tertentu dengan bantuan widget. tapi ingat bahwa dengan adanya widget yang terpasang di komputer anda, maka akan membuat RAM anda semakin penuh. Jika anda mempunyai RAM yang besar melebihi kebutuhan anda, tentu hal ini tidak begitu terasa. Namun beda halnya jika kita memiliki ram yang minim.
Menghentikan Start-Up yang tidak diinginkan
Pada Windows XP, Me, dan 9x, user dapat membebaskan memori dengan cara membuang aplikasi yang tidak diinginkan dan secara otomatis berjalan ketika Windows mulai. Untuk mengetahui berapa banyak program semacam ini yang bersemayam dalam system, KLIK START, RUN, DAN KETIKKAN MSCONFIG,lalu TEKAN ENTER yang akan menunjukkan SISTEM KONFIGURATION UTILITY, klik tab startup untuk melihat program apa yang otomatis bekerja saat Windows mulai. Untuk mencegah program berjalan pada saat start-up, tandai boks yang ada di sebelah kiri nama program tersebut. Kalau tidak yakin program apa itu, lihat nama folder tempat file tersebut berada. Informasi ini, akan ditemukan di sebelah kanan kotak, biasanya memberikan penunjuk.
Defragment Hardisk
Gunakan fitur Disk Defragment maka akan membantu anda untuk menata ruang penyimpanan yang terpisah – pisah. Dengan penataan tersebut akan membuat pembacaan di hardisk semakin cepat. Hal ini akan berimbas pada semakin cepatnya pemrosesan program yang telah diinstal di komputer kita.
Pastikan Anda memiliki waktu luang saat melakukan defragment ini, karena biasanya memerlukan waktu yang cukup lama dan anda tidak bisa membatalkan defragment di tengah jalan. Kalau itu terjadi maka proses defragment harus dilakukan lagi dari awal. Sebaiknya pastikan disaat anda tidak memiliki perkerjaan yang di kejar waktu.
Nah itulah beberapa Tips mengoptimalkan kinerja komputer dari kami yang bisa anda praktikan langsung dikomputer rumah anda. Sebaiknya anda rutin meluangkan waktu untuk mengoptimasi komputer anda untuk memperoleh hasil optimal setiap hari.
Tutorial Komputer

About

Tips Cara Mengoptimalkan Kinerja Komputer - written by Tutorial Komputer , published at 21.34, categorized as Artikel Komputer
Previous Posting Lebih Baru
Comment disabled